“In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024”
MTsN 1 Garut_Pendidikan terus bertransformasi dengan menghadirkan Kurikulum Merdeka sebagai Langkah revolisioner dalam pembelajaran. Kurikulum yang baik mampu menjawab permasalahan Pendidikan saat ini, Kurikulum yang sesuai dengan zamannya bersifat dinamis, dan terus berkembang atau diadaptasi sesuai konteks dan karakteristik siswa untuk meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan masa kini dan yang akan datang.
Pada masa pandemi Covid-19, krisis pembelajaran yang ada menjadikan pendidikan semakin tertinggal dengan hilangnya pembelajaran (learning loss) dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi. Untuk memulihkan pembelajaran paska pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kelima belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar sebagai perwujudan dari Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum merdeka merupakan salah satu pilihan dalam upaya pemulihan pembelajaran bagi satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka diperuntukkan kepada Satuan Pendidikan yang mendaftar untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka.
Pengawas Pembina MTs Negeri 1 Garut, Bapak Drs. H. Munip, M.Pd ., menjadi pembicara dalam acara “In House Training (IHT) Pengajaran berdiferensiasi di Era Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025” bagi guru MTs Negeri 1 Garut, Yang dilaksanakan di ruang Aula Kelas pada Jumat (02-03 Agustus 2024).
Dalam paparannya, Munip menjelaskan bahwa kompentensi tidak hanya fokus pada aspek kognitif dan psikomotorik saja, melainkan juga ada value yang melengkapi kemampuan siswa, hal ini yang menjadi aslasan pentingnya perubahan kurikulum Pendidikan dalam rangka mengakomodir permasalahan tersebut.
Dengan mengikuti In House Training (IHT) harapan terbesar bagi Guru MTs Negeri 1 Garut dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran di kelas melalui tindakan yang direncanakan, dievaluasi dan di refleksikan dengan baik. Selain itu memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang Kurikuum merdeka agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik, menyelesaikan permasalahan pembelajaran dan mengeksplorasi inovasi strategi pembelajaran, serta untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja sebagai guru.
Kualitas literasi dan numerasi, kecerdasan emosional, Kesehatan mental merupakan fondasi utama dalam membangun kompentensi, maka diharapkan kehadiran Kurikulum Merdeka ini bisa menyentuh semua bagian tersebut.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Berita Lainnya :
- PEMBUKAAN LDG 2024
- Peserta Didik MTs Negeri 1 Garut Raih Berbagai Medali di PORKAB Garut 2024
- BERITA DUKA
- BERITA DUKA
- CAPACITY BULDING MTSN 21 JAKARTA KE MTSN 1 GARUT
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
Komentar :
Kembali ke Atas